Apa Benar Sparepart Asli Pabrikan Itu Lebih Mahal ?

Anak Lucu

Bimocorner-masbroo masalah penggunaan spare part KW menjadi salah satu pembahasan yang ingin BC bahas kali ini, karena buanyak sekali orang-orang yang mengeluarkan statement bahwa sparepart yang dikeluarkan oleh pabrikan itu muahal, mending pakai yang merek si A,B, C dan sebagainya...

Padahal para pabrikan sudah mewanti-wanti agar konsumen menggunakan sparepart asli dan bukan KW. Okelah, kalau kita menilai karena pabrikan juga butuh pemasukan after sales mas. Makannya mereka menyuruh kita membeli produk asli..

Ada benarnya juga, namun BC tidak bisa mengatakan 100% benar ya masbro. Karena para pabrikan baik itu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki bahkan Viar pun sudah melakukan banyak research untuk produknya. Dan itu dibuat secara proposional, agar awet, namun tidak terlalu mahal.

Ada seorang bapak-bapak yang pernah cerita ke BC kalau dirinya ternyata salah menilai harga sparepart asli pabrikan yang di umum terkenal mahal, setelah di cek sendiri ternyata harganya 11-12. Disisi lain, ada banyak kasus yang BC dengar baik itu dari teman, saudara dan orang-orang kalau mereka membeli produk KW dengan harga yang bikin BC kaget.

Ditambah sedikit saja, dia sudah bisa membeli sparepart asli pabrikan. Disini bukan berarti BC bilang kalau yang bukan merek pabrikan itu buruk ya masbro, karena ada beberapa produk luar yang kualitasnya bahkan lebih baik dari punya pabrikan.

Contoh saja seperti suspensi, ada Ohlins. Bagian caliper rem ada juga Brembo, untuk masalah kulit Jok hadir MBTech, dan masih banyak lagi. Harga mereka juga tidak bisa dikatakan murah bahkan jauh lebih mahal, karena kualitasnya pun terjamin.


Lalu apa yang perlu dilakukan ? Membeli produk asli atau kw ? Jawabannya adalah tergantung isi dompet masbro, kalau misal kepepet tapi di dompet juga menghawatirkan. Mau tidak mau beli Kw, tapi BC ingatkan, jangan lama-lama karena itu bakal bisa menimbulkan efek domino kerusakan pada area lain kendaraan. Ingin hemat malah melarat kan tidak afdol dong, salam ngegass.