Piaggio Indonesia Siap Melayani Service dan Spare Part Vespa Klasik

Vespa Klasik


Bimocorner-Vespa adalah salah satu skutter legendaris yang pernah meramaikan jalanan tanah air, melalui induk perusahaan bernama Piaggio. Skutter asal Italia ini mampu memikat konsumen tanah air pada masa itu, bahkan sampai saat ini...

Namun, seiring berjalannya waktu, regulasi pun berubah di Indonesia maupun dunia. Motor 2 Tak mulai dilarang produksi, karena dinilai mencemari lingkungan dengan gas buang yang terlalu tinggi. Kehadiran Vespa 2 Tak mulai jarang, hanya beberapa orang yang masih menyimpannya sejak jaman dahulu yang masih bisa menikmatinya.

Spare Part Vespa 2 Tak di Bengkel Resmi Semakin Langka

Karena produksi yang terhenti, PT Piaggio Indonesia pun mengubah haluan dari sebelumnya masif memasarkan Vespa 2 Tak. Kini mulai berkawan dengan perkembangan zaman, dan akhirnya merilis Vespa tipe Matic yang tidak 100% menghilangkan cita-rasa Vespa Klasik dalam hal desain.

Fokus Piaggio Indonesia kepada Vespa Matic, membuat Spare Part Vespa 2 Tak menjadi langka di bengkel resmi. Para kolektor Vespa bersuara khas tersebut, bahkan harus membelinya ke Italia secara langsung atau menggunakan spare part oplosan yang tentu menghilangkan kesan Vespa.

Bengkel Resmi Jarang Kedatangan Vespa 2 Tak

Meskipun saat ini, Piaggio Indonesia mulai berhasil menyita perhatian pasar. Dan mulai mendirikan beberapa dealer resmi di kota-kota besar tanah air, namun nyatanya jarang sekali BERES yang terlihat sedang mengerjakan Vespa 2 Tak.

Ada salah satu berita, yang mengatakan bahwa Bengkel Resmi tersebut memang tidak menerima Vespa 2 Tak. Dan hanya melayani Vespa Matic untuk perawatan berkala.

Piaggio Indonesia Melatih Mekanik Tentang Perawatan Vespa Klasik

Namun, tampaknya alasan tersebut mentah begitu saja, setelah Piaggio Indonesia melalui Public Relations and Communication Manager PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal. Mengatakan bahwa pihak Piaggio telah memberikan pelatihan perawatan Vespa 2 Tak kepada para mekaniknya.

"Bisa, sejarah Vespa di Indonesia panjang, kami masuk mulai 2011 dan kami juga training seluruh mekanik agar bisa melakukan servis semua Vespa, termasuk yang klasik,"..

Disisi lain, Technical Training Manager Piaggio Indonesia, Yudi Riswanto. Mengungkapkan bahwa para mekanik yang mendapatkan kursus perawatan Vespa Klasik atau 2 Tak adalah mereka yang telah memiliki level tertinggi.

"Jadi ada basic, advance, dan advance plus yang merupakan tingkatan paling tinggi, karena butuh pemahaman unik motor antik yang diagnosanya tidak bisa dicolok PADS (Piaggio Advanced Diagnostic System),"...

Piaggio Indonesia Juga Melakukan Stok Spare Part Untuk Vespa 2 Tak

Kabar baik lainnya adalah Piaggio Indonesia tidak hanya menerima perawatan berkala Vespa 2 Tak, namun mereka juga masih melakukan stok spare part untuk Vespa Klasik. Namun, dengan catatan, tidak semua benar-benar bisa dibeli pada hari itu.

Karena untuk beberapa part yang tidak masuk kategori fast pit, memerlukan waktu untuk inden terlebih dahulu. Produksi spare part Vespa 2 Tak masih fokus pada dua pabrik di Vietnam dan Jepang. Sehingga memerlukan waktu untuk dapat memperolehnya.

"Semuanya masih diproduksi, ada katalog dari masing-masing model Vespa. Bahkan deksel untuk Vespa tua kami juga,"

"Kalau fast moving sudah pasti ada tersedia, tapi untuk sesuatu yang unik jarang, harus ada lead time, kalau dulu 2 sampai 3 bulan, sekarang bisa lebih cepat,"

Dan yang lebih menarik adalah Piaggio Indonesia juga menerima order rangka ataupun mesin Vespa 2 Tak untuk konsumen yang mengalami crash dijalanan. Ini menjadi kabar baik, buat teman-teman yang memiliki keinginan untuk meregenarasi besi tua Vespa 2 Tak kesayangan.

Terakhir, dalam acara yang diadakan di Motoplex Gaia Motor, Jakarta Selatan. Pihak Piaggio Indonesia juga menekankan bahwa harga spare part tentu bisa menjadi sedikit mahal, karena memang proses produksi part yang sudah tidak segencar motor baru.

Video Vespa 2 Tak :